Translate

Trik Mengembalikan Windows Error

Mengembalikan Windows Error dari Safe Mode


Banyak penyebab komputer yang kita miliki terkadang tidakmau booting dengan sempurna dan masuk kes sistem Windows. Hal ini disebabkan oleh banyak hal yang pertama adalah komputer yang mati disebabkan oleh pemadaman PLN, tanpa sengaja sistem windows terhapus, adanya serangan virus dan lain sebagainya.


Apabila ini terjadi pada komputer anda, tidak perlu khawatir dan panik banyak jalan yang bisa kita tempuh untuk memperbaikinya. Jadi ingat ama pepatah "Banyak Jalan Menuju Roma" jadi kalo ada jalan buntu ya cari alternatif yang laen.......:). Oke kita balik lagi ke topik untuk memperbaiki hal tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan booting melalui "Safe Mode" dari windows itu sendiri.
Langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut :

  1. Restart Windows
  2. Kemudian tekan-tekan tombol F8 sampai muncul tampilan seperti berikut :

    Untuk Windows 7 :
  3. Dari pilihan yang ada, pilih Safe Mode 
  4. Jika berjalan dengan lancar, seharusnya komputer akan mengarahkan kembali masuk ke windows tetapi dengan kondisi standart "Safe Mode".
Setelah langkah diatas berhasil, maka langkah selanjutnya adalah pilih menu Start --> All Program --> Accessories --> System Tools --> System Restore (Klik pada System Restore tersebut),
Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Pada tampilan tersebut muncul option pilihan sebagai mana berikut :
      To begin, select the task that you want to perform:
  • Restore my computer to an earlier time
  • Create a restore point
Maksudnya adalah kita diminta untuk memilih salah satu dari langkah tersebut. Apabila kita memilih Restore my computer to an earlier time, maka kita akan diarahkan oleh komputer untuk mengembalikan system yang ada sesuai dengan waktu dimana komputer kita dalam kondisi yang masih prima. Sedangkan untuk option Create a restore point, kita akan diarahkan oleh komputer untuk membuat waktu terdekat saat kondisi komputer baik dengan memberikan keterangan sendiri.

Oke selanjutnya kita akan memilih option yang pertama yaitu Restore my computer to an earlier time selanjutnya pilih Next setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini :
Selanjutnya klik salah satu tanggal yang ada yang ditandai dengan cetakan angka yang tebal. kemudian klik "Next" kemudian akan muncul tampilan konfirmasi sebagamana berikut :
Pada tampilan konfirmasi tersebut yang menampilkan pesan dan memastikan apakah proses akan dilanjutkan karena ketika proses tersebut dilanjutkan, maka system/software yang terinstal sesudah tanggal system restore yang kita pilih, akan tidak berfungsi.
Dan langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol "Next". Kemudian biarkan komputer melakukan pekerjaannya sampai dengan selesai. Apabila komputer tersebut telah selesai melakukan proses restore, maka dia akan melakukan restart komputer secara otomatis.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Please Your Advice