Translate

Pemakaian Fungsi VALUE pada Excel

Pengertian Fungsi Value

Yang dimaksud dengan VALUE (Fungsi Value) dalam Microsoft Excel adalah sebuah baris perintah dalam bentuk formula atau rumus yang dipakai untuk merubah nilai STRING atau nilai Text yang terdapat pada suatu cell/baris dan kolom tertentu kedalam nilai atau format NUMERIK.

Nilai String yang terdapat pada baris atau kolom tersebut hanya berlaku untuk perhitungan matematika atau nilai statistik dari suatu cell tertentu. Dan tidak berlak untuk teks panjang yang berisi gabungan antara teks huruf dan angka. Misalnya : "45 Kg Buah Nanas", "Pembelian 30 unit PC seharga Rp. 35.000.000"
Jika pada contoh tersebut digunakan fungsi Value maka baris pada cell tersebut dianggap salah atau muculnya pesan Error.

Sytax Fungsi Value
=Value(text)

Dimana "text" merupakan nilai / referensi dari suatu baris matematika yang berisi teks bisa berupa nilai konstan, tanggal, atau waktu dan atau huruf untuk selanjanjutnya akan dikonversi / dirubah kedalam nilai Numerik.

Berikut ini adalah contoh pemakaian fungsi Value tersebut



Masukkan data seperti yang terdapat pada gambar atau bisa juga anda membuat tabel yang lain. Selanjutnya pada Cell  C3 ketikkan formulanya yaitu "=Value(B3)". Lakukan copypaste formula tersebut untuk baris cell dibawahnya. kemudian lihat hasilnya.



Dari hasil diatas diperoleh nilai sebagai berikut :
  1. Untuk Cell C3 bernilai 414141 merupakan hasil dari konversi ke dalam nilai Integer (merupakan nilai tetap bulat dari system Ms Excel itu sendiri) dari Cell B3
  2. Cell C4 = 0,6 setelah dilakukan konversi menggunakan fungsi Value maka akan menghasilkan nilai 0,6 dimana hasil tersebut merupakan hasil pembagian dari 14 : 24. Hal ini dikarenakan tanda ":" titik dua merupakan baris perintah pada proses perhitungan matematika.
  3. Cell C5 merupakan nilai yang dihasilkan dari perubahan format Currency / Format Mata Uang menjadi format Numerik
  4. Cell C6 setelah dilakukan konversi menggunakan fungsi value maka akan dihasilkan "#VALUE!" hal ini dikarenakan pada cell B6 berisi gabungan antara huruf dan angka. Dimana system excel akan mendeteksinya sebagai bentuk kesalahan atau Error.

Artikel Excel Terkait lainnya :
1.  Fungsi SUMIF pada Excel
2.  Membuat Pivotable dalam Excel
3.  Fungsi IF pada Excel
4.  Fungsi IF Bertingkat/Bersarang dalam Excel
5.  Menggabungkan Fungsi IF dan Hlookup dalam Excel
6.  Menggabungkan Fungsi IF dan Vlookup dalam Excel
7.  Fungsi Vlookup, HLookup dan Lookupvalue dalam Excel
8.  Mengenal Fungsi Value pada Excel

No comments:

Post a Comment

Please Your Advice