Translate

1001 Manfaat Urang Aring

Urang-aring adalah sejenis tumbuhan semak, dimana tumbuhan ini kebanyakan ditemukan liar sebagai gulma, anggota suku Asteraceae. Tanaman yang memiliki nama latin : Eclipta alba (L.) Hassk ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut. Sebenarnya disamping memiliki kegunaan untuk menyuburkan rambut, tanaman urang-aring juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat.


Tanaman yang tidak diketahui asal-usulnya ini, menyebar luas di seluruh dunia, dimana tanaman urang aring ini bisa tumbuh di wilayah tropis dan subtropis, pada tempat-tempat tertentu, tanaman ini terkadang telah berkembang menjadi gulma yang dianggap sebagai tanaman pengganggu bagi tanaman pertanian terutama palawija.

Tanaman ini apabila dikaji lebih dalam lagi merupakan tanaman obat herba, dimana seluruh bagian tanaman baik segar maupun kering memiliki kasiat atau manfaat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, selain sebagai obat luar, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat dalam untuk diminum.

Tanaman urang aring sendiri oleh ahli farmasi sudah banyak diteliti akan kandungan nutrisi dan manfaatnya. Dalam industri kosmetika telah diproduksi menjadi minyak rambut urang aring dan sampo urang aring yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Dan berikut ini adalah beberapa kasiatatau manfaat urang aring tersebut, diantaranya adalah :
  • Meredakan Perut Mulas Caranya : cuci segenggam urang aring, lalu tumbuk sampai agak halus. kemudian oleskan ramuan ini di atas perut.
  • Hepatitis
    Ambil 3 gram daun urang aring, 4 gram temulawak direbus dengan 1 gelas air. Minum ramuan ini 1x sehari.
  • Batuk darah (TBC)
    Sekitar 60 gram daun urang-aring segar dilumatkan, diperas. Air perasannya diseduh air hangat, minum.
  • Diare
    Ambil 30 gram daun urang-aring segar direbus, minum.
  • Menyuburkan Rambut Ambillah segenggam daun urang aring dicuci bersih, lalu direma-remas dan rendam dalam air. Gunakan untuk keramas.
  • Kudis
    Segenggam daun urang aring dicuci bersih, lalu ditumbuk. Oleskan ramuan ini pada kudis.
  • Pewarna Urang-aring menghasilkan zat pewarna hitam. Cairan sarinya digunakan untuk menghitamkan rambut dan untuk membuat tato.
  • Gusi Bengkak
    Ambil daun urang-aring segar, kemudian dipanggang sampai kering. Lalu jadikan bubuk melalui pengolahan. Oleskan bubuk tersebut ke tempat yang sakit.

No comments:

Post a Comment

Please Your Advice