Translate

1001 Khasiat Cermai

Cermai / Cerme (Phyllanthus Acidus) merupakan jenis tumbuhan tropis yang memiliki bentuk dan rasa yang khas. Dari rasanya yang sedikit asam ini seringkali buah cermai digunakan sebagai bahan manisan ataupun biasanya dimakan secara langsung bersama dengan garam atau pun kecap.
.
Khasiat daun cermai sangat banyak, karena cermai mengandung air, saponin, karbohidrad, flavonoida, polifenol, tanin, lemak dan serat. Sedangkan untuk buahnya mengandung serat, vitamin C dan mineral. menurut penelitian memakan pucuk daun cermai dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti penawar racun gigitan serangga, lumbago, marawat kulit, sengal-sengal, tekanan darah tinggi dan kangker, sedangkan khasiat buah cermai mampu mengatasi sembelit.

Selain itu khasiat daun cermai bisa juga digunakan untuk menurunkan berat badan atau obesitas. Dengan kata lain daun cermai berfungsi sebagai obat diet hal ini di karenakan khasiat laksatif yang terkandung dalam daun cermai tersebut mampu memperlancar buang air besar, sponin dan tanin yang banyak dikandung daun cermai juga dapat menyerap glukosa dan kolestrol didalam dinding usus.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari daun cermai tersebut :
  1. Siapkan daun cermai yang masih segar kita-kira satu genggam
  2. Cuci sampai bersih
  3. Siapkan 1/2 sendok makan gula aren 
  4. Tambahkan 3 gelas air
  5. Rebus daun cermai tersebut bersamaan dengan gula aren hingga airnya berkurang menjadi dua gelas
  6. Saring dan ambil airnya
  7. Minum air ramuan tersebut selagi hangat dan untuk hasil yang maksimal usahakan pemakaian dilakukan dua kali sehari pagi dan petang

No comments:

Post a Comment

Please Your Advice