Menentukan SUMIF pada Excel
Pada posting kali ini saya akan mengulas tentang penggunaan fungsi SUMIF yang terdapat pada Microsoft Excel. Dimana kita ketahui bahwa Microsoft Excel merupakan spreed cell yang mempunyai beragam fitur dan formula untuk membuat database, array data, content, list value dan lain sebagainya.Namun demikian dari setiap content formula tersebut memiliki fungsi tersendiri diantaranya adalah SUMIF.
SUMIF pada Excel merupakan suatu fungsi yang dipakai untuk menghitung nilai tertentu sesuai dengan nilai yang terdapat kriteria tertentu dari suatu larik data.
Syntax dari SUMIF adalah sebagai berikut :
=SUMIF(range,criteria,sum_range)
Range adalah jarak sel yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria nilai tertentu. Dimana pada sel-sel tersebut bisa berisi nomor atau nama, array, atau referensi yang berisi angka. Nilai kosong dan teks.
Criteria adalah nilai yang akan ditentukan dalam membaca baris dari sel tertentu dalam bentuk nomor, ekspresi, atau teks yang mana akan mendefinisikan sel yang akan ditambahkan. Misalnya, kriteria dapat dinyatakan sebagai 32, "32", "> 32", atau "apel" dan lain sebagainya.
sum_range adalah sel-sel yang dipakai untuk menambahkan apabila sel-sel tersebut sesuai dengan kriterianya. Apabila sum_range dihilangkan, maka sel-sel dalam kisaran/range keduanya dievaluasi berdasarkan kriteria kemudian menambahkan kriteria tersebut.
Sebagai contoh buat tabel data seperti berikut :
Dari contoh diatas, kita akan menjumlahkan nilai barang yang nilainya diatas 100000, kemudian kita juga akan manjumlah nilai komisinya berdasarkan kriteria tersebut.
Dengan menggunakan SUMIF, maka pada cell B7 tuliskan rumusnya seperti ini : =SUMIF($B$3:$B$6;">160000")
dimana dalam rumus tersebut kita akan menjumlahkan Nilai Barang dengan kriteria diatas 160000
kemudian yang kedua pada cell C7 tuliskan juga rumus berikut ini untuk menjumlahkan kriteria komisi berdasarkan nilai barang.
=SUMIF($B$3:$B$6;">160000";$C$3:$C$6)
Dari contoh diatas dengan menggunakan fungsi SUMIF pada kolom Nilai Barang akan didapatkan hasil penjumlahan 600000 dan kolom komisi 42000. Dimana pada kedua kolom tersebut kita menentukan kumlah berdasarkan pada kriteria nilai diatas 160000.
Artikel Excel Terkait lainnya :
1. Fungsi SUMIF pada Excel
2. Membuat Pivotable dalam Excel
3. Fungsi IF pada Excel
4. Fungsi IF Bertingkat/Bersarang dalam Excel
5. Menggabungkan Fungsi IF dan Hlookup dalam Excel
6. Menggabungkan Fungsi IF dan Vlookup dalam Excel
7. Fungsi Vlookup, HLookup dan Lookupvalue dalam Excel
8. Mengenal Fungsi Value pada Excel
No comments:
Post a Comment
Please Your Advice